Bank Indonesia dorong UMKM untuk go digital

Bank Indonesia (BI) memiliki UMKM binaan sebanyak 898 unit, dan baru 39,5% yang sudah digital.

Bank Indonesia (BI) mendorong para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya di platform online (go digital). Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Bank Indonesia (BI) mendorong para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya di platform online (go digital). Hal ini diupayakan agar UMKM dalam negeri dapat bersaing dengan kompetitor asing.

Untuk itu, BI menggandeng penyedia platform digital (e-commerce) dalam mendukung kesiapan UMKM binaan dan Mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas pasar UMKM.

Direktur Eksekutif BI Pungky Purnomo Wibowo mengatakan BI menginisiasi program persiapan pemasaran online UMKM BI (On Boarding) dan memfasilitasi penyediaan platform, serta pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital.

UMKM On Boarding adalah proses penyesuaian pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar online dan menyesuaikan diri dengan mekanisme yang berlaku di lingkungan marketplace tempat UMKM tersebut berbisnis. 

"Melalui teknologi digital, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara," kata Pungky dalam sebuah talkshow Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (14/7).