Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp33,5 T jelang Natal dan Tahun Baru

Bank Mandiri mengantisipasi permintaan uang tunai selama Natal dan Tahun Baru lewat mesin ATM maupun kantor cabang.

Ilustrasi transaksi di teller Bank Mandiri. Foto Antara.

Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp33,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan permintaan uang tunai masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Direktur Konsumer dan Transaksi Ritel Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26% dibandingkan periode normal atau periode reguler.

Dari besaran tersebut, kata Hery, pihaknya mengalokasikan sekitar 85% untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15% untuk kebutuhan di kantor cabang.

"Jumlah kesiapan uang tunai yang relatif stabil (dari tahun lalu) itu karena meningkatnya transaksi elektronik atau digital yang dilakukan masyarakat, misalnya untuk berbelanja, masyarakat banyak gunakan transaksi digital," ujar Hery di Jakarta, Senin (16/12).

Saat ini Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.