Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp55 triliun jelang lebaran

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai sejumlah Rp55 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai sejumlah Rp55 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idulfitri 2019. / Antara Foto

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai sejumlah Rp55 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idulfitri 2019. Jumlah uang tunai yang disiapkan ini menurun dibandingkan tahun lalu yang sbesar Rp59 triliun.

"Memang ada penurunan sekitar 5%-10% dari tahun 2018 karena liburnya tak sepanjang tahun lalu," kata Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (13/5).

Jika uang yang disiapkan itu masih kurang, kata Rico, Mandiri tetap menyiapkan dana cadangan untuk ditempatkan di ATM. Bank Mandiri juga akan menyiapkan jaringan IT secara optimal untuk operasional jaringan pembayaran elektronik seperti ATM, SMS Banking, Mandiri Online, dan Mandiri Call 14000.

Hingga Maret 2019, nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi di 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus.

"Di jalur mudik kita siapkan juga ATM Mandiri dan di beberapa rest area kita siapkan juga untuk penyiapan pengisian e-money. Yang utama adalah menyiapkan uang-uang di ATM," tutur Rico.