Bank Negara Malaysia tahan suku bunga acuan 3%

Bank sentral Malaysia pada Kamis (12/9) memutuskan untuk mempertahankan suku bungan acuan, overnight policy rate (OPR) tak berubah pada 3%.

Bank sentral Malaysia pada Kamis (12/9) memutuskan untuk mempertahankan suku bungan acuan, overnight policy rate (OPR) tak berubah pada 3%. / BNM.gov.my

Bank sentral Malaysia pada Kamis (12/9) memutuskan untuk mempertahankan suku bungan acuan, overnight policy rate (OPR) tak berubah pada 3%.

Bank Negara Malaysia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pada tingkat OPR saat ini, sikap kebijakan moneter tetap akomodatif dan mendukung kegiatan ekonomi.

Komite Kebijakan Moneter akan terus menilai keseimbangan risiko terhadap pertumbuhan domestik dan inflasi, untuk memastikan bahwa sikap kebijakan moneter tetap kondusif bagi pertumbuhan berkelanjutan di tengah stabilitas harga, kata bank sentral.

Sementara proyeksi pertumbuhan garis dasar untuk 2019 tetap tidak berubah dalam kisaran 4,3% hingga 4,8%, bank sentral mencatat bahwa proyeksi tersebut tunduk pada risiko penurunan lebih lanjut dari memburuknya ketegangan perdagangan, ketidakpastian dalam lingkungan global dan domestik, serta perluasan pelemahan sektor komoditas terkait.

"Ekonomi global berkembang pada kecepatan yang lebih rendah di tengah pertumbuhan yang lebih lambat di sebagian besar negara maju dan berkembang. Peningkatan ketegangan perdagangan baru-baru ini menunjukkan perdagangan global yang lebih lemah ke depan, dengan meningkatnya tanda-tanda limpahan pada kegiatan ekonomi domestik di sejumlah negara," kata bank, dikutip dari Xinhua.