Bapanas pastikan Bulog siap hadapi panen raya beras

Dengan berbagai langkah perbaikan ini, Arief berharap kepercayaan stakeholder perberasan nasional terhadap Bulog semakin baik.

Ilustrasi. Foto Ist

Panen raya padi yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, (9/3/2023), secara tidak langsung menandai bahwa Indonesia sudah mulai memasuki musim panen di semester 1 2023. 

Kondisi tersebut disambut baik Badan Pangan Nasional/National Food Agency (Bapanas/NFA). Selain itu Bapanas juga mengaku siap mengawal panen raya melalui peningkatan serapan beras Perum Bulog.

Guna meningkatkan serapan sebelum memasuki musim panen, Bulog menurut Kepala Bapanas/NFA, Arief Prasetyo Adi secara bertahap telah menyiapkan diri, salah satunya dengan membangun Modern Rice Milling Plant (MRMP) di 10 lokasi yaitu di Subang, Kendal, Sragen, Karawang, Lampung, Bojonegoro, Magetan, Jember, Banyuwangi, dan Sumbawa. 

Melalui MRMP ini, Bulog memiliki sejumlah unit mesin yang bisa digunakan untuk mengolah gabah, dari mulai penerimaan, pengeringan, kemudian sampai color sorter. Selain itu Bulog juga memiliki 133 unit Rice Milling Unit (RMU).

“Dengan adanya MRMP ini memungkinkan Bulog untuk bisa menyerap gabah dari petani atau Gapoktan. Jadi peluang Bulog menambah serapannya semakin besar karena tidak hanya mengandalkan pasokan dari penggilingan tetapi juga bisa langsung turun menyerap gabah petani,” ujar Arief dalam keterangannya, Sabtu (11/3).