Batam segera punya pelabuhan lebih besar daripada Tanjung Priok

Pelabuhan di Tanjung Pinggir, Batam, bakal mengimplementasikan National Logistic Ecosystem (NLE).

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dokumentasi PT Pelindo II

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembangunan Pelabuhan di Tanjung Pinggir, Batam, segera dieksekusi. Proyek infrastruktur perhubungan ini pun disebut bakal menjadi percontohan, terutama dalam membenahi tata kelola pelabuhan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan, Pelabuhan Tanjung Pinggir akan lebih besar dibandingkan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Pelabuhan ini sebagai smart and green port. Kita harus bisa mengimplementasikan NLE (National Logistic Ecosystem) yang sudah diluncurkan sejak tahun lalu," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (25/1).

Kemenko Marves menargetkan implementasi NLE ddilakukan di 10 pelabuhan setelah Batam. Harapannya, pemfungsian seluruhnya berjalan secara efisien.

Menurut Luhut, pemerintah sudah memutuskan merevitalisasi pelabuhan di Batam. Untuk itu, pemerintah dapat melakukan persiapan dan pembenahan sistem tata kelola, termasuk digitalisasi layanan pelabuhan, selain infrastruktur fisik.