Airlangga Hartarto jelaskan beberapa game changer pemulihan ekonomi

Game changer pemulihan ekonomi nasional lainnya adalah implementasi undang-undang Cipta Kerja.

Menko Perekonomian dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto. Foto facebook.com/PerekonomianRI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto mengatakan, vaksinasi Covid-19 merupakan game changer pemerintah dalam strategi pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Airlangga, pelaksanaan vaksinasi yang telah dilakukan mendorong sentimen positif dan menumbuhkan optimisme pemulihan ekonomi Indonesia untuk ke depannya.

“Optimisme dari progres vaksinasi adalah satu satunya tercermin dari relatif stabilnya nilai tukar rupiah,” kata Airlangga dalam webinar Launching Tribun Palu.com dengan tema Vaksinasi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi 2021.

Airlangga menambahkan, pascapelaksanaan vaksinasi perdana, rupiah menguat ke level Rp14.060 dan terus menguat sampai Jumat (15/1) yang mendekati kurs rupiah sebelum Covid-19.

Bahkan sejumlah analisis pasar meyakini pada tahun ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai 6.880 sampai dengan 7000. “Bahkan di Januari ini sudah masuk di level 6.400,” ujar Airlangga.