Bekraf gandeng Viu benahi ekosistem film nasional

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggandeng penyedia layanan video over the top Viu untuk mengembangkan industri film Indonesia. 

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggandeng penyedia layanan video over the top Viu untuk mengembangkan industri film Indonesia.  (Antara Foto)

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggandeng penyedia layanan video over the top Viu untuk mengembangkan industri film Indonesia. 

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan Bekraf dan Viu memiliki kesamaan visi terkait langkah pengembangan film-film Indonesia. Apalagi, Viu membuka peluang agar film nasional bisa mejeng di pentas internasional.

Triawan juga menyebut Bekraf akan mengembangkan perfilman Indonesia melalui platform digital. "Saya harap kerja sama ini mampu memberikan kesempatan kepada pemula atau orang baru di film untuk berkarya," kata Triawan Munaf di Jakarta, Senin (25/2).

Lebih lanjut, Triawan mengatakan pertumbuhan platform digital Viu akan didorong beriringan dengan perkembangan bioskop di tanah air. Sebab, baik bioskop maupun Viu, memiliki kekuatan dalam memfasilitasi produksi hingga menjangkau pasar film.
 
"Kami berharap keberadaan viu dan bioskop berkembang dengan paralel. Tidak memastikan salah satu karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda tapi berinovasi agar tidak ditinggal," kata dia.

Sementara itu, Founder and CEO of Viuclip Nickhil Jakatdar mengungkapkan, kerja sama Viu dan Bekraf ke depan yakni mengembangkan ekosistem perfilman Indonesia dari produksi sampai distribusi. Selama ini, lambanya perkembangan film lantaran ekosistem perfilman belum terbentuk.