Beroperasi, PLTU Sintang 21 MW dapat aliri 16.153 pelanggan

PLN meresmikan PLTU Sintang, Kalimantan Barat yang berkapasitas total 21 MW. 

Pekerja menyelesaikan pemasangan jaringan listrik baru milik PT PLN (Persero) di Kecamatan Watubangga, Kendari, Sulawesi Tenggaa, Minggu (18/11)./ Antara Foto

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN, Machnizon Masri, bersama dengan Bupati Sintang, Jarot Winarno, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berlokasi di Kelurahan Kedabang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menekan sirene dan menandatangani prasasti pada Rabu (21/11). 

Machnizon menyampaikan, pembangunan PLTU Sintang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan PLTU berskala kecil, yang dilaksanakan oleh PLN di kawasan Kalimantan. 

Selain Sintang, PLN telah melaksanakan pembangunan PLTU skala kecil di Ketapang dan Sanggau. Kedua PLTU tersebut saat ini telah beroperasi penuh. 

Lebih lanjut, Machnizon mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi PLTU tersebut, bernilai investasi sebesar Rp357 milyar. Selama masa pekerjaan konstruksi, PLN melibatkan sekitar 500 lebih tenaga kerja lokal di sekitar PLTU. Sementara selama beroperasi, ada 114 tenaga kerja lokal yang dipekerjakan. 

"Kami berharap keberadaan PLTU akan memperkuat sistem kelistrikan di Kabupaten Sintang dan sekitarnya, meningkatkan rasio elektrifikasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Machnizon melalui rilis tertulis sebagaimana diterima Alinea.id pada Kamis (22/11).