BI beri sinyal pelonggaran moneter untuk jangka panjang

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti yang baru dilantik bakal melakukan terobosan untuk kebijakan moneter.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan BI kemungkinan akan menerapkan kebijakan moneter yang longgar dalam jangka panjang. Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan BI kemungkinan akan menerapkan kebijakan moneter yang longgar dalam jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk menarik investasi langsung yang bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam pernyataan resmi pertamanya sebagai orang nomor dua di bank sentral, Destry mengatakan stabilitas perekonomian domestik yang terjaga, akan mendukung BI terus melonggarkan kebijakan moneter baik melalui instrumen suku bunga acuan maupun likuiditas.

"Kami ingin mendorong investasi, kemarin sudah diturunkan GWM (Giro Wajib Minimum) Rupiah dan juga suku bunga. Nampaknya kita lihat 'easing monetary policy' (kebijakan moneter longgar) dalam jangka panjang," ujar Destry di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (7/8).

Destry akan menjalani pertemuan perdananya bersama Dewan Gubernur Bank Sentral pada Rabu malam ini.

Menurut mantan Kepala Ekonom Bank Mandiri ini, BI dinilai perlu untuk mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif. Pasalnya, mandat utama BI untuk menjaga stabilitas ekonomi sudah terpenuhi.