BI prediksi ekonomi Indonesia tumbuh 5,2% pada kuartal I-2019

Pertumbuhan ekonomi didorong oleh permintaan domestik yang semakin meningkat, terutama dari sisi konsumsi.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2019 berada di kisaran 5%-5,4% dengan rata-rata sebesar 5,2%. / Antara Foto

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2019 berada di kisaran 5%-5,4% dengan rata-rata sebesar 5,2%. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih tinggi atau membaik sepanjang tahun ini. 

“Hal ini tentunya didorong oleh permintaan domestik yang semakin meningkat, terutama dari sisi konsumsi," ujar Perry di Jakarta, Kamis (25/4).

Perry menjelaskan konsumsi yang tetap tinggi ini didukung oleh terjaganya daya beli dan keyakinan masyarakat serta berlanjutnya stimulus fiskal, termasuk melalui bantuan sosial dan belanja terkait pemilihan umum.

Akan tetapi, investasi diperkirakan bakal sedikit melambat sejalan pola musiman awal tahun. Kemudian, diperkirakan kembali menguat pada triwulan-triwulan berikutnya didukung keyakinan dunia usaha yang membaik serta proyek infrastruktur yang berlanjut.

Demikian pula dengan peran ekspor netto yang dinilai belum kuat sejalan dampak melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan menurunnya harga komoditas.