BI: Prospek ekonomi bergantung kepada vaksin Covid-19

Pemulihan ekonomi nasional telah berangsur pulih dan akan semakin membaik, jika proses vaksinasi dapat dilakukan dengan cepat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto Antara/dokumentasi

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, prospek ekonomi Indonesia ke depan sepenuhnya akan bergantung kepada vaksinasi Covid-19, yang mulai masuk ke dalam negeri pada awal Desember ini.

"Alhamdulillah pemerintah sudah memesan vaksin dan insya Allah akan lakukan vaksinasi dalam waktu dekat dan BI ikut danai lewat burden sharing 2020," katanya dalam video conference, Senin (7/12).

Menurut dia, pemulihan ekonomi nasional telah berangsur pulih dan akan semakin membaik, jika proses vaksinasi dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk bisa beraktivitas seperti di waktu normal.

"Prasyarat ini diharapkan aktivitas sehari-hari dalam bekerja, dan kegiatan ekonomi keuangan akan berangsur membaik dan akan memperbaiki prospek pemulihan ekonomi," ujarnya.

Perry pun mengungkapkan, untuk prospek ekonomi yang lebih baik tadi memang dibutuhkan penguatan sinergi antarsesama lembaga dan juga masyarakat untuk membangun optimisme, sehingga pemulihan ekonomi dapat diperkuat.