BI sebut dua hambatan pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terjebak di kisaran 5%.

Pertumbuhan perekonomian Indonesia masih belum bisa beranjak dari kisaran angka 5% per tahun. Bank Indonesia (BI) menyatakan hal tersebut disebabkan oleh dua tantangan.  / Antara Foto

Pertumbuhan perekonomian Indonesia masih belum bisa beranjak dari kisaran angka 5% per tahun. Bank Indonesia (BI) menyatakan hal tersebut disebabkan oleh dua tantangan. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo menyebut tantangan pertama yang harus dijawab berupa keterhubungan antara sektor industri yang satu dengan yang lainnya. 

“Jadi, ada sektor-sektor unggulan Indonesia yang belum linked atau interlinked dengan sektor lain. Terutama, pendukungnya di domestik,” ujar Dody di Jakarta, Rabu (4/9).

Tak tersambungnya rantai antara sektor-sektor industri, kata Dody, menyebabkan beberapa wilayah penghasil produk pendukung, menjual hasil produksinya ke luar negeri.

Kemudian tantangan kedua ialah kurangnya memprioritaskan produk industri unggulan di Indonesia. BI bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mendorong semua sektor industri. Akan tetapi, tetap harus ada sektor yang harus diprioritaskan.