BI terapkan strategi hadapi tantangan di tengah pandemi

BI mengakui, terdapat sederet tantangan yang harus dihadapi agar dapat berdaya tahan dalam hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto Antara.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menuturkan ada empat tantangan yang harus dihadapi bank sentral saat ini agar dapat berdaya tahan dalam hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19. 

“Pertama resiliensi, apa dan bagaimana upaya mempercepat pemulihan ekonomi dan mendorong perekonomian menjadi lebih kuat dan resilien,” katanya dalam video conference, Kamis (2/9). 

Kemudian, digitalisasi. Menurutnya, akselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional akan menjadi pengubah keadaan atau game changer selama pandemi. Pasalnya, dengan terbatasnya aktivitas fisik, transaksi ekonomi pun terpaksa dilakukan secara daring. 

Tantangan lainnya adalah terkait inklusi. Perry mengatakan inklusi keuangan perlu diakselerasi untuk mendorong dan membantu pemulihan ekonomi dari dampak pandemi. 

Lalu, terkait green economy. Tekanan untuk ramah lingkungan yang semakin tinggi perlu direspons melalui kebijakan reformasi struktural maupun digitalisasi.