Benarkah Bitcoin adalah skema ponzi?

Bank DBS menjadi satu dari bank di dunia lain yang menyebut bahwa Bitcoin sebagai skema ponzi. Bitcoin dinilai memakan biaya yang besar

Tidak selamanya bitcoin disanjung-sanjung sebagai uang masa depan. Salah satu bank terbesar di Asia justru melebel bitcoin  sebagai skema ponzi yang penuh dengan biaya tersembunyi. 

Bitcoin kembali dinilai sebagai ancaman oleh bank-bank di dunia saat ini. Baru-baru ini Bank DBS mengungkapkan kekhawatirannya atas mata uang kripto ini.

Berbicara kepada CNBC di sela-sela Festival Fintech Singapura yang sedang berlangsung, Kepala Petugas Informasi Kepala dan Kepala teknologi kelompok dan operasi di DBS David Gledhill mengatakan, pihaknya melihat bitcoin sebagai skema ponzi.

Ia mencatat bahwa transaksi bitcoin tidak hanya mahal dan semua biaya disembunyikan melalui mekanisme cypto. Meski begitu, Gledhill menegaskan bahwa bitcoin bukanlah saingannya dan menganggap bahwa mata uang  tetap kompetitif.

Sebaliknya, bank lebih memilih untuk fokus pada transaksi elektroniknya dari mata uang pemerintah. Gledhill mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menonton dan mempelajari tentang bitcoin.