BNI siapkan uang khusus selama lebaran Rp52 triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai selama periode lebaran sekitar Rp52 triliun untuk kebutuhan masyarakat.

Direktur Teknologi Informasi & Operasi BNI Dadang Setiabudi menyatakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat selama ramadan dan lebaran 2018, yang rata-rata mencapai Rp13,7 triliun per minggu.  / Antara Foto

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai selama periode lebaran sekitar Rp52 triliun untuk kebutuhan masyarakat.

Direktur Teknologi Informasi & Operasi BNI Dadang Setiabudi menyatakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat selama ramadan dan lebaran 2018, yang rata-rata mencapai Rp13,7 triliun per minggu. 

"Kebutuhan itu tercatat mengalami peningkatan 5% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu," kata Dadang seperti dilansir Antara, Senin (4/6).

Emiten badan usaha milik negara (BUMN) dengan kode saham BBNI itu juga akan memenuhi kebutuhan uang tunai yang diperkirakan akan memuncak pada pekan ke-4 atau pada periode 6-12 Juni 2018 sebesar Rp19,9 triliun.

Dia mengatakan, pemenuhan kebutuhan uang tunai tersebut akan dipasok dari berbagai sumber. Di antaranya, dari kas internal sebesar 67% dan eksternal dari Bank Indonesia (BI) serta transaksi uang kartal antarbank sebesar 33%.