sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BCA siapkan uang lebaran Rp45 triliun

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyiapkan uang kebutuhan lebaran sebanyak Rp45 triliun.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 29 Mei 2018 03:54 WIB
BCA siapkan uang lebaran Rp45 triliun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyiapkan uang kebutuhan lebaran sebanyak Rp45 triliun.

Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan, persiapan uang lebaran tahun ini mengalami peningkatan 2,27% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu senilai Rp44 triliun.

"Uang tunai kami siapkan dan tahun ini ada kenaikan sedikit. Hal itu karena liburan semakin panjang," ujarnya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (28/5).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur BCA Santoso menambahkan, selama 7 hari 24 jam, BCA harus siap membantu nasabah. "Kami sudah siapkan uang cash untuk lebaran sebesar Rp45 triliun, nantinya untuk operasional banking termasuk ATM," ungkapnya.

Santoso juga menjelaskan, perseroan menyiapkan dana itu untuk mendukung kebutuhan uang tunai di cabang-cabang dan ATM BCA di seluruh Indonesia. Emiten bersandi saham BBCA itu menyiapkan uang pecahan Rp50.000 - Rp100.000 untuk kebutuhan lebaran.

Bank milik Grup Djarum itu yakin masyarakat sudah banyak memanfaatkan transaksi non-tunai. Kini, masyarakat telah banyak memanfaatkan transaksi non-tunai untuk segala kebutuhan pembayaran. Sehingga, BCA hanya menambah sedikit jumlah uang tunai pada saat lebaran tahun ini.

"Sekarang semua tol sudah non-tunai. Jadi Flazz kencang sekali. Transaksi BCA Flazz selama mudik banyak di-rolling cukup besar, volume transaksinya 900.000 sampai 1 juta transaksi. Sejak non-tunai, sudah naik sekali," imbuh Suwignyo.

Ia mengatakan, untuk masa operasional BCA selama libur lebaran, akan mengikuti aturan dari Bank Indonesia (BI). Namun, untuk tanggal 19-20 Juni, akan ada sejumlah kantor cabang yang sudah siap melayani para nasabah.

Sponsored

Selain menyiapkan uang tunai, perseroan akan membuka 120 cabang pada 19-20 Juni 2018. Hal itu demi mengakomodir kebutuhan nasabah di seluruh Tanah Air.

"Nanti kami umumkan di website untuk 120 cabang itu. Tergantung sebarannya dan kedekatan nasabah untuk setor tunai," ungkap Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra.

Manajemen BCA memastikan sistem teknologi informasi (IT) akan berjalan selama periode libur Lebaran. Sebab, transaksi BCA 97% melalui mobile banking dan internet banking.

"Kami juga tetap ada call center. Lapor Halo BCA jika terjadi gangguan dan jangan panik," tuntasnya.

Berita Lainnya