Bos Telkom sebut IndiHome utamakan kualitas daripada harga

IndiHome telah membentangkan kabel optimal sepanjang 170.885 km agar layanannya dapat dinikmati masyarakat.

VP Marketing Telkom, Edie Kurniawan. Dokumentasi Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan pihaknya tidak turut menyemarakkan perang tarif internet antara penyedia layanan fix broadband dan internet service provider (ISP). Melalui IndiHome, perusahaan negara ini, lebih memprioritaskan kualitas kepada para pelanggan.

"Kita enggak utamain price (harga), tapi kita mengutamakan kualitas bagi pelanggan," ucap VP Marketing Telkom, Edie Kurniawan, dalam keterangannya, Jumat (28/10).

Iwan, sapaannya, menerangkan, IndiHome mulanya menyediakan layanan 10 Mbps dan dinikmati 80% pelanggan. Seiring meningkatnya kebutuhan, layanan pun ditingkatkan menjadi 20-30 Mbps dan telah digunakan mayoritas konsumen.

"Sekarang, 80% [pelanggan] itu rata-rata [menikmati layanan] di atas 20 hingga 30Mbps. Maka dari itu, layanan seperti ini yang akan kami terus tingkatkan lagi," ujarnya.

Lebih jauh, Iwan menerangkan, saat ini ada sekitar 830 ISP di Indonesia. Sementara itu, IndiHome telah membentangkan kabel optik sepanjang 170.885 km atau setara 4 kali keliling bumi agar layanannya dapat dinikmati masyarakat Sabang hingga Merauke.