BPUI akan selamatkan Jiwasraya dengan bentuk IFG Life

Perusahaan asuransi ini akan mencoba menyelamatkan pemegang polis yang direstrukturisasi di Jiwasraya.

Ilustrasi. Foto Antara.

Holding BUMN Penjaminan dan Perasuransian, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI akan mendirikan asuransi baru, IFG Life. Pembentukan asuransi baru ini dilakukan untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang tengah mengalami kesulitan likuiditas untuk menyelesaikan kewajiban ke nasabahnya.

Direktur Utama BPUI Robert Bilitea mengatakan, IFG Life akan didirikan karena BPUI melihat asuransi jiwa mampu menghasilkan pendapatan lebih banyak dibandingkan asuransi umum.

"Itu yang menyebabkan kami mempunyai alasan kuat untuk membangun asuransi jiwa. Perusahaan asuransi ini akan mencoba menyelamatkan pemegang polis yang direstrukturisasi di Jiwasraya," kata Robert dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (9/9).

IFG diharapkan bisa mendapatkan penyertaan modal negara (PNM) sebesar Rp20 triliun melalui Bahana.

Direktur Bisnis BPUI Pantro Pander Silitonga menambahkan, nantinya portofolio Jiwasraya akan direstrukturisasi. Artinya, produk yang sebelumnya tidak sehat, akan diubah terms and condition-nya sehingga lebih sehat, lalu dilakukan pemotongan manfaat agar liabilitasnya berkurang.