Bukalapak enggan jadi decacorn

Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar (setara Rp140 triliun).

Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn. (komunitas.bukalapak.com)

Situs dagang daring Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar (setara Rp140 triliun). Co-founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyidmemilih fokus dalam memberdayakan pelapak usaha kecil daripada menjadi decacorn 

"Yang namanya decacorn unicorn itu bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama. Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia," ujar Fajrin di Jakarta, Kamis (10/1).

Lebih lanjut, Fajrin mengatakan Bukalapak fokus pada jumlah transaksi pelapak. Menurut dia, valuasi juga dipengaruhi, salah satunya oleh kondisi ekonomi.

"Valuasi dan lain sebagainya itu its come as a result, yang kita fokuskan adalah result atau transaksi yang terjadi di Bukalapak itu sendiri. Jadi kita enggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal," ujar Fajrin.

Dalam kesempatan tersebut, founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky tidak mau berkomentar mengenai pendanaan, namun mengatakan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi startup lain setidaknya untuk saat ini.