BUMN kucurkan Rp360 miliar sambung listrik gratis

Program ini akan membantu masyarakat tidak mampu mendapat aliran listrik.

Sebanyak 35 badan usaha milik negara (BUMN) bersama PT PLN (Persero) menyediakan listrik untuk rumah tangga tidak mampu di wilayah Jawa Barat bagian selatan dan Banten/Shutterstock

Sebanyak 35 badan usaha milik negara (BUMN) bersama PT PLN (Persero) menyediakan listrik untuk rumah tangga tidak mampu di wilayah Jawa Barat bagian selatan dan Banten. Program ini bertujuan untuk mencapai rasio elektrifikasi hingga 99%.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan untuk mengaliri listrik 392.000 rumah yang belum dialiri listrik, dibutuhkan investasi sebesar Rp360 miliar. Adapun aliran listrik ke Jawa Barat sebanyak 317.000 rumah, Banten 30.000 rumah, dan DKI Jakarta 32.000 rumah.

“Porsinya nanti 50% dari PLN dan 50% BUMN lainnya,” kata Rini usai penandatanganan kerja sama Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu di Jakarta, Selasa (7/8).

Rini mengatakan hingga saat ini masih ada warga yang mengakses listrik yang diambil dari rumah tetangganya (Levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN ini, maka warga sepenuhnya akan menikmati listrik resmi dari PLN.

“ Dana ini bersifat sponsorship dan bukan berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR). Ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya,” katanya.