Calon Deputi Gubernur BI Juda Agung jalani fit & proper test hari ini

Dalam paparannya Juda menyampaikan akselerasi digitalisasi bidang keuangan dalam proses pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju.

Asisten Gubernur BI dan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia Juda Agung (kanan) di sela Seminar BI-ISEI-LPS di Makassar, Rabu (13/11/2019). Foto Antara/ Suriani Mappong

Komisi XI DPR RI mengadakan fit and proper test calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Fit and proper test yang dipimpin oleh Ketua Komisi Keuangan Dito Ganindito ini merupakan tindak lanjut dari Surat Presiden (Surpres) tentang usulan dua nama calon Deputi Gubernur BI kepada Pimpinan DPR.

Adapun dua nama yang diajukan Presiden Joko Widodo adalah Juda Agung, di mana untuk menggantikan Deputi Gubernur BI Sugeng setelah habis masa jabatannya pada 6 Januari 2022. Saat ini, Sugeng tengah menjabat sebagai Asisten Gubernur - Kepala Kebijakan Makroprudensial BI.

Kedua, yaitu Aida S Budiman yang saat ini menjabat Asisten Gubernur - Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI diajukan untuk menggantikan Rosmaya Hadi.

Pada hari pertama, Juda Agung mendapatkan jadwal pertama dalam uji kelayakan dan kepatutan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan jika pihaknya akan segera memproses dua nama calon Deputi Gubernur BI untuk menggantikan pejabat lama yang segera pensiun. Hal itu menyusul sudah diterimanya Surat Presiden (Surpres) tentang usulan dua nama calon Deputi Gubernur BI kepada Pimpinan DPR.