Cerita owner UD Rempah Organik jadi eksportir vanili

Da belum bisa menyanggupi permintaan pelanggannya yang harus berstandar internasional. Sebab, produksinya mengalami keterbatasan barang.

Owner UD Rempah Organik, Mohir. Foto istimewa

Vanila bean atau vanili menjadi salah satu komoditas yang diminati di pasar dalam negeri dan mancanegara. Kualitas dari vanili dalam negeri diminati oleh beberapa kalangan karena kualitasnya yang dinilai bagus dan mampu bersaing di kancah global. 

Vanili di Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadi salah satu komoditas pertanian perkebunan yang bernilai mahal. Vanili ini tersebar di NTB daerah dataran tinggi. Seperti daerah Sembalun, Lombok Timur, Bayan, dan Lombok Utara. 

Salah seorang pelaku usaha vanili di NTB adalah owner UD Rempah Organik, Mohir, yang memulai usahanya di Pulau Lombok, NTB. Mohir memaparkan dari penjualan vanili, bisa membantu menolong perekonomian orang lain. 

“Misi kami bukan hanya menyelamatkan keluarga. Tetapi di sini ada misi lingkungan juga menyejahterakan petani kita, akan tampak terlihat di sini. Kami selaku pedagang, bisa bekerja sama dengan user atau retail,” kata Mohir dalam Alinea Forum yang diselenggaran Alinea.id, Sabtu (8/10). 

Mohir menjelaskan, bisnis vanili miliknya memiliki pasar cukup besar di Amerika Serikat. “Trading vanilla beans kami di pasar Amerika. Mohon maaf, saya bicara Amerika Serikat. Karena pasar terbesar kami, adalah ke Amerika,” kata dia lagi.