Ciputra dan warisan semangat membangun hunian serta kemanusiaan

Ciputra, pendiri Ciputra Group, dikenal sebagai pionir dalam pembangunan properti tanah air.

Ciputra, pendiri Ciputra Group, dikenal sebagai pionir dalam pembangunan properti tanah air. / Ciputra Group

Ratusan pengembang properti yang tergabung dalam asosiasi Real Estate Indonesia (REI) mengawali Musyawarah Nasional XVI dengan mengheningkan cipta. Mereka memberikan penghormatan terakhir kepada pengembang properti tanah air Ciputra yang meninggal dunia hari ini.

Ciputra merupakan pendiri Ciputra Group, salah satu perusahaan properti tertua di Indonesia. Dia juga pendiri REI, yang kini menjadi organisasi pengembang terbesar di Indonesia. Bukan hanya itu, Ciputra juga menjadi presiden persatuan pengembang dunia yang pertama dari Indonesia.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata atau Eman, dalam sambutannya mengenang Ciputra sebagai orang pertama yang meletakkan fondasi menjadi pengusaha sekaligus investor di bidang properti.

"Beliau adalah orang pertama yang meletakkan platform bagaimana dasar-dasar menjadi pengusaha properti, bagaimana seseorang itu menjadi investor di bidang real estate, termasuk bagaimana menjaga kualitas bangunan," ucapnya di Jakarta, Rabu (27/11).

Eman juga selalu mengingat pesan yang disampaikan oleh Ciputra untuk mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi bernilai tinggi, yang selalu diingatnya sebagai developer.