Covid-19, Sandiaga Uno: Pemerintah perlu pastikan bahan pokok aman

Pandemi tersebut kali pertama memukul sektor pertanian dan pangan.

Mantan Ketua Umum APPSI, Sandiaga Uno (kanan), dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (7/3/2020). Alinea.id/Valerie Dante

Mantan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sandiaga Uno, menilai, pemerintah perlu memastikan stok bahan pokok masih cukup dan aman. Menyusul meningkatnya kekhawatiran masyarakat akan coronavirus (Covid-19).

"Pemerintah perlu meyakinkan masyarakat untuk tidak khawatir. Karena bahan-bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari tidak akan menjadi langka," ujarnya dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (7/3).

Pemerintah, tambah dia, pun perlu memastikan jalur distribusi kebutuhan pokok (sembako) sederhana. Sehingga, harga tetap terjangkau.

Meski begitu, Sandi berpandangan, krisis kesehatan global yang menantang situasi ekonomi ini justru berpotensi melahirkan kebijakan ekonomi yang efektif. Karenanya, Indonesia harus merespons dengan memastikan harga sembako stabil dan pasokan terjamin aman.

Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Lampung (Unila), Bustanul Arifin, menambahkan, krisis kesehatan yang melibatkan pandemi kali pertama memukul bidang pertanian dan pangan. "Karena 60% yang berhubungan dengan zoonosis, itu adanya di kedua sektor tersebut," ucapnya.