Darmin laporkan hasil evaluasi pengendalian inflasi ke JK

Inflasi tetap terkendali seiring pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Darmin mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 masih meningkat. Pertumbuhan yang relatif tinggi tersebut menurutnya diiringi dengan menurunnya tingkat kemiskinan, pengangguran, tingkat ketimpangan sosial, serta terjaganya stabilitas inflasi.  / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) melaporkan hasil evaluasi pengendalian inflasi 2018 di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam rapat kordinasi nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2019.

Darmin mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 masih meningkat. Pertumbuhan yang relatif tinggi tersebut menurutnya diiringi dengan menurunnya tingkat kemiskinan, pengangguran, tingkat ketimpangan sosial, serta terjaganya stabilitas inflasi. 

"Realisasi inflasi pada empat tahun terakhir dapat dijaga sedikit di atas 3%, dengan laju inflasi 2018 3,13% (year on year/yoy) dan inflasi juni 3,28% (yoy). Pencapaian tersebut masih dalam rentang sasaran nasional sebesar 3,5% dengan deviasi 1%," jelasnya.

Darmin juga menjelaskan bahwa pada 2019 inflasi harga barang-barang mengalami gejolak terutama di sektor pangan volatile food sebesar 3,39% yoy. "Pada Juni 2019, sedikit meningkat jadi 4,91% yoy," katanya.

Namun demikian, Darmin menyebut inflasi inti masih tetap terjaga dengan laju sebesar 3,07% pada tahun 2018 dan 3,25% yoy pada Juni 2019.