Darmin membeberkan keberhasilan ekonomi di era Jokowi

Fundamental ekonomi makro Indonesia sehat dan kuat, dalam empat tahun ini.

Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution./Cantika Adinda Putri Noveria

Pemerintahan Jokowi-JK yang sudah berjalan 4 tahun ini, dinilai telah berhasil membuat keseimbangan antara menjaga supply dan demand. Hal itu tidak terlepas dari strategi dalam pembangunan ekonomi dan daya saing. 

"Apa manfaatnya menjaga supply dan demand seimbang? Kami sebenarnya ada pada satu titik. Siap melakukan transformasi ekonomi tanpa harus melakukan perpindahan orang dari pertanian ke industri," kelakar Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution pada saat memaparkan kinerjanya selama empat tahun di Forum Merdeka Barat 9, Selasa (23/10). 

Hal itu lah yang dinilainya menjadi kunci dan landasan untuk tahun berikutnya agar Indonesia lebih siap dalam menentukan transformasi ekonomi.

Dia mengakui masih ada yang harus dikembangkan dan perlu ditingkatkan. Terutama perihal logistik, mulai dari infrastruktur, perizinan usaha, dan sebagainya. 

Tetapi terpenting adalah fundamental ekonomi makro Indonesia sehat dan kuat, dalam empat tahun ini.  Meskipun ada tantangan di depan mata, setidaknya pertumbuhan ekonomi dari 2014-2017, meningkat secara perlahan.