Darmin: The Fed pangkas suku bunga, BI sudah tidak bisa

The Fed memangkas suku bunga acuan federal fund (FFR) sebesar 25 basis poin pada Rabu (31/7).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan keputusan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) belum bisa mendorong pemerintah untuk mengambil langkah strategis. / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan keputusan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) belum bisa mendorong pemerintah untuk mengambil langkah strategis.

Menurut Darmin, masih banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk melakukan penyesuaian suku bunga acuan Bank Indonesia. 

“Tentu saja kalau tingkat bunga itu ya penentunya ada beberapa, satu inflasi di dalam negeri, kedua globalnya bagaimana,” kata Darmin usai membuka acara Pekan Riset Sawit Indonesia 2019 di Jakarta, Kamis, (01/7).

Darmin menegaskan, jika The Fed ke depan membuat kebijakan lanjutan untuk menurunkan kembali suku bunganya, maka Indonesia sudah tidak bisa menurunkan BI rate.

"Kalau The Fed mau menurunkan lagi, di sini tidak bisa diturunkan lagi, jadi tidak bisa terisolasi, kita bikin sendiri menurut maunya kita," jelas Darmin.