Darmin: Transformasi ekonomi kunci pemerataan kesejahteraan rakyat

Transformasi ekonomi bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, berdaya saing, dan berkualitas. 

Pemerintah menyatakan bakal melakukan transformasi ekonomi dalam menyelesaikan tantangan perekonomian Indonesia. / Antara Foto

Pemerintah menyatakan bakal melakukan transformasi ekonomi dalam menyelesaikan tantangan perekonomian Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, berdaya saing, dan berkualitas. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan transformasi ekonomi menjadi prasyarat dalam penanggulangan kemiskinan, sekaligus pendukung bagi keberlanjutan pembangunan.

Transformasi ekonomi ini juga diyakini dapat menggeser struktur ekonomi yang semula berbasis komoditas, menjadi ekonomi berbasis investasi, produksi, dan pelayanan yang memiliki nilai tambah tinggi. 

“Hal ini dapat meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia dan kualitas hidup masyarakat,” kata Darmin di Jakarta, Jumat (9/8).

Menurut Darmin, tranformasi ekonomi berbeda dengan tranformasi struktural yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Tranformasi ekonomi berfokus pada pemanfaatan potensi desa sebagai basis pertumbuhan ekonomi daerah.