Dosen UI: Jurang ketimpangan aset semakin lebar dan dalam

Kalangan atas dengan tabungan di atas Rp5 miliar menguasai sebanyak 47,5% total tabungan di perbankan.

Ilustrasi. Pixabay

Dosen ekonomi dan bisnis Universitas Indonesia Teguh Dartanto memaparkan, kalangan atas dengan tabungan di atas Rp5 miliar menguasai sebanyak 47,5% total tabungan di perbankan dengan nilai tabungan mencapai Rp2.951 triliun. Padahal, secara porsi tabungan kelas atas tersebut hanya mengisi 0,03% dari total tabungan. 

Sementara tabungan kelas menengah bawah dengan porsi 98,2% dari total tabungan yang nilainya Rp100 juta ke bawah, hanya menguasai 13,9% dari total nilai tabungan di perbankan dengan jumlah sebesar Rp866 triliun.

"Dengan 0,03% dari rekening yang nilainya di atas Rp5 miliar itu menguasai 47,5% dari total tabungan. Artinya hanya segelintir orang yang memiliki tunai," kata Teguh Dartanto dalam webinar Indef, Kamis (25/3).

Dengan proporsi tabungan yang demikian, kata dia, potensi kalangan atas untuk mengakumulasi kekayaannya di tengah situasi pandemi Covid-19 ini semakin besar, dan jurang ketimpangan akan semakin lebar.

Pasalnya, di tengah situasi yang penuh ketidakpastian seperti saat ini, masyarakat yang memiliki tabungan lebih banyak akan lebih merasa aman.