DPR berharap target pertumbuhan ekonomi 2019 terealisasi

Banyak harapan yang disampaikan dari fraksi di DPR mengenai pertumbuhan ekonomi di 2019.

Ketua DPR Bambang Soesatyo (kedua kiri) bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kiri), Taufik Kurniawan (ketiga kiri) dan Agus Hermanto (kanan) menerima hasil pandangan dari anggota DPR fraksi PDI-P Adisatrya Suryo Sulisto pada saat rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (24/5)./AntaraFoto

Sepuluh fraksi partai politik dari DPR menyetujui pertumbuhan ekonomi pada 2019 berada di kisaran 5,4-5,8%. Banyak harapan yang disampaikan dari fraksi di DPR mengenai pertumbuhan ekonomi di 2019.

Misalkan saja Fraksi PDI-P yang disampaikan Adisatria Suryo Sulisto. Satria berharap pemerintah dapat menyerap sebanyak-banyaknya tenaga kerja dengan memberikan insentif investasi. Selain itu, perusahaan BUMN dan swasta harus menjadi penggerak untuk meningkatkan penerimaan negara, meningkatkan daya beli dan tenaga kerja. 

Sementara dari Fraksi Golkar yang disampaikan Edison Betaubun, memprediksi pemerintahan Jokowi dan JK pada 2019 akan menghadapi berbagai tantangan. Baik itu faktor internal dan eksternal. Kendati begitu, Fraksi Golkar optimis pertumbuhan ekonomi 2019 berada di kisaran 5,4-5,8%. 

"Angka tersebut membutuhkan kerja keras. Perhelatan pemilu akan mendorong konsumsi rumah tangga dan lembaga non profit hingga 5,1- 5,2%," jelas Edison Betaubun, Kami (24/5) saat menyampaikan pandangannya di ruang rapat paripurna DPR. 

Kendati begitu, Fraksi PAN dan Demokrat berharap pemerintah mengkaji ulang dan mencermati kondisi terkini dan mendatang, neraca defisit dan mata uang yang melemah. Permintah diminta juga konsisten dengan kebijakan seperti dana desa yang sudah disepakati melalui SKB 4 menteri.