E-commerce adu strategi demi merebut hati pelanggan, siapa unggul?

Tokopedia menjadi marketplace paling diminati oleh milennial dan Gen Z karena beberapa faktor.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Hampir setiap malam, Uti mengakhiri harinya dengan scrolling layar ponsel pintarnya. Platform lokapasar andalannya, Tokopedia adalah aplikasi yang selalu dibukanya tepat sebelum tidur.

Katanya, hal ini sudah menjadi kebiasaan. “Kalau dulu pas kecil itu dibacain buku cerita atau dinyanyiin lagu ‘Nina Bobo’, sekarang scrolling Tokopedia sudah kayak jadi pengantar tidur. Kalau enggak dilakukan, ada yang kurang,” ujarnya, kepada Alinea.id, Rabu (24/8).

Dengan cermat, matanya memindai barang yang dijual oleh para sellers di platform e-commerce itu. Jika ada yang menarik perhatiannya, barang tersebut masuk ke keranjang belanjaan. Harapannya, barang incaran itu bakal terbeli pada awal bulan berikutnya.

Perempuan 26 tahun itu memang tidak checkout atau membeli barang yang disukainya pada saat itu juga. Sebab, ketika menemukan barang yang ingin dibeli atau dibutuhkan, Uti selalu membandingkan harga barang yang sama dari toko lain di marketplace langganannya tersebut.

“Cari yang lebih murah dan lebih cepat waktu pengirimannya,” beber guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Semarang itu.