E-commerce berkontribusi 20% ke penjualan FMCG

Kehadiran perusahaan e-commerce berkontribusi sebesar 20% terhadap penjualan perusahaan makanan, minuman dan barang kebutuhan sehari-hari.

Kehadiran perusahaan e-commerce berkontribusi sebesar 20% terhadap penjualan perusahaan makanan, minuman dan barang kebutuhan sehari-hari. (Antara Foto)

Riset perusahaan e-commerce SIRCLO menyebutkan kehadiran perusahaan e-commerce berkontribusi sebesar 20% terhadap penjualan perusahaan makanan, minuman dan barang kebutuhan sehari-hari (fast moving consumer goods/FMCG).

Founder & CEO SIRCLO Brian Marshal mengungkapkan perusahaan FMCG menargetkan penjualan di channel e-commerce tumbuh 10 kali lipat tahun ini. Pada 2016, e-commerce berkontribusi 1% terhadap total penjualan.

“Namun tahun ini, mayoritas dari mereka menargetkan agar e-commerce berkontribusi 10% ke total penjualan,” kata dia.

Brian juga menjelaskan, perusahaan FMCG bisa melakukan beragam cara guna mendongkrak peningkatan penjualan produknya melalui online marketplace. 

“Beberapa cara yang bisa ditempuh yakni merchandising, peningkatan pemasaran, dan penyediaan layanan pelanggan,” kata dia.