Pertumbuhan ekonomi 5,02% dorong aliran modal dan perbaikan industri

Pertumbuhan ekonomi kuartal III-2019 sebesar 5,02% diyakini jadi celah untuk perbaikan.

Ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 tumbuh sebesar 5,02% atau melambat dibandingkan kuartal sebelumnya 5,17%. / Antara Foto

Ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 tumbuh sebesar 5,02% atau melambat dibandingkan kuartal sebelumnya 5,17%. Pertumbuhan ekonomi yang tidak terlalu memuaskan ini dinilai bisa menjadi celah bagi masuknya aliran modal asing dan perbaikan industri.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengharapkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan III-2019 sebesar 5,02% harus bisa memberikan peluang bagi peningkatan kinerja perekonomian nasional.

"Pertumbuhan 5,02% bukan pertumbuhan yang rendah. Ini pertumbuhan yang seharusnya bisa memberikan optimisme untuk gerak ekonomi Indonesia," kata Suahasil saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11).

Suahasil menjelaskan kondisi global yang melambat telah memberikan dampak kepada perlemahan ekonomi negara maju dan berkembang termasuk Indonesia.

Menurut dia, dampak perlambatan tersebut mempengaruhi aliran modal yang masuk ke Indonesia melalui instrumen portfolio maupun investasi langsung serta kinerja perdagangan nasional.