Ekspansi bisnis jalan tol, Gudang Garam dirikan Surya Kertaagung Toll

Surya Kertaagung Toll merupakan cucu usaha Gudang Garam.

Logo PT Gudang Garam Tbk. di kantor pusat di Jakarta, 20 Oktober 2016. Foto REUTERS/Iqro Rinaldi.

Emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) melakukan ekspansi ke bisnis jalan tol dengan mendirikan PT Surya Kertaagung Toll (SKT). Perusahaan yang didirikan pada 6 November 2020 ini merupakan anak usaha dari PT Surya Kerta Agung (SKA), anak usaha perseroan.

Corporate Secretary Gudang Garam Heru Budiman dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, pendirian SKT telah dituangkan ke dalam akta pendirian Nomor 09 tanggal 6 November 2020.

"Maksud dan tujuan SKT adalah berusaha dalam bidang pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jalan, jalan raya dan jalan tol, jembatan dan jalan layang," kata Heru, Selasa (10/11).

Dia melanjutkan, SKT juga berusaha dalam kegiatan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan penunjang, pelengkap dan perlengkapan jalan, jembatan dan jalan layang seperti pagar atau tembok penahan. Lalu drainase jalan, marka jalan, dan rambu-rambu, serta pemasangan bangunan prafabrikasi.

Lebih lanjut, SKT memiliki modal dasar Rp1,2 triliun, dengan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp300 miliar atau sebanyak 300.000 saham dengan nilai nominal Rp1 juta per saham.