Erick Thohir diminta awasi anak BUMN yang IPO di 2020

Dua BUMN karya dipastikan akan mengantar anak usahanya melantai di bursa pada 2020.

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. Foto Antara.

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mengantar anak usahanya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2020 seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI).

Senior Vice President Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial mengatakan, dengan adanya rencana ini, Menteri BUMN Erick Thohir harus mengecek rekam jejak pemangku jabatan di BUMN ataupun anak usaha BUMN yang akan melakukan initial public offering (IPO)

"Yang paling penting itu tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dulu. Karena kalau kita lihat dari beberapa kasus BUMN, integritas menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan," kata Janson saat ditemui di BEI, Jakarta, Jumat (3/1).

Janson melanjutkan, faktor GCG dan integritas menjadi yang paling mengkhawatirkan dari perusahaan BUMN dalam tiga hingga empat tahun terakhir. Hal ini, mengingat skandal beberapa BUMN seperti Garuda Indonesia dan Asuransi Jiwasraya yang jajaran direksinya menyalahgubakan jabatan dan mengabaikan kepentingan publik.

Prospek ke depan