Erick Thohir klaim hunian terintegrasi buat milenial laku keras

Sekitar 41% dari 60% yang laku dibeli milenial. Hunian ada di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Karawang.

Menteri BUMN di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (2/2/2023). Alinea.id/Erlinda PW

Pemerintah lewat Kementerian BUMN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun hunian terintegrasi untuk kaum milenial. Tingkat laku hunian tersebut cukup tinggi, mencapai 60%. Dari jumlah itu 41% adalah milenial.

Menteri Negara BUMN Erick Thohir menyampaikan, pihaknya bersama Kementerian PUPR telah membangun tujuh hunian terintegrasi dalam bentuk pilot project. Lokasinya di Depok, Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, dan Karawang. 

Hunian secara khusus menyasar generasi milenial. Makanya, konsep yang dibangun adalah transit oriented development (TOD) atau kawasan yang terintegrasi dengan simpul transportasi umum. Ada rumah susun, ada rumah tapak berteknologi precast.

"Kita sudah menyelesaikan tujuh lokasi dengan total pendanaan Rp5 triliun dengan total unit 8.348. Alhamdulillah, 41% dari 60% yang laku adalah milenial. Ini ada di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Karawang," ujar Erick, Kamis (13/4).

Khusus hunian milenial di Samesta Mahata Margonda Depok, Jawa Barat, yang diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini terdiri 940 unit. Dari jumlah itu sudah terjual hingga mencapai 78%.