Perusahaan telko Uni Emirat Arab siap investasi US$100 juta di Nongsa Digital Park

Nongsa Digital Park telah diresmikan pemerintah Indonesia pada Maret 2018.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan perusahaan telekomunikasi asal Uni Emirat Arab (UEA), Etisalat dan Telkom berencana menggelontorkan US$100 juta untuk membangun data center di Nongsa Digital Park, Batam.

Nongsa Digital Park sendiri telah diresmikan pemerintah Indonesia pada Maret 2018 lalu. Lokasi ini merupakan proyek utama yang dipergunakan sebagai hub digital antara Indonesia dan Singapura yang terletak di kawasan Batam-Bintan-Karimun (BBK).

"Untuk kawasan BBK, dipersiapkan menjadi hub logistik internasional untuk mendukung integrasi dan persaingan industri, perdagangan, maritim, dan pariwisata," katanya, Rabu (14/7).

Adapun, Nongsa Digital Park juga sudah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) melalui PP No. 68 Tahun 2021. Saat ini, Nongsa Digital Park memiliki sekitar 160 perusahaan dengan 1.000 pekerja yang berasal dari perusahaan lokal maupun perusahaan asing.

Selain Nongsa Digital Park, pemerintah juga sudah menetapkan zona Batam Aero Technic (BAT) di Batam sebagai KEK melalui PP No. 67 Tahun 2021.