Faisal Basri: Pidato Jokowi seperti masih kampanye

Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritisi pidato Presiden Jokowi mengenai pertumbuhan investasi di Indonesia.

Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritisi pidato Presiden Jokowi mengenai pertumbuhan investasi di Indonesia. Alinea.id/Nanda Aria

Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritisi pidato Presiden Jokowi mengenai pertumbuhan investasi di Indonesia. 

Menurut dia, saat ini investasi di Indonesia sudah sangat besar, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di ASEAN.

"Sadarilah Bapak Presiden bahwa investasi di Indonesia sudah cukup deras. Investasi meningkat tiap tahunnya, cuma dikalahkan China, dibandingkan seluruh negara ASEAN, investasi kita derajat investasinya paling tinggi," ucapnya saat ditemui usai Seminar Nasional Kajian Tengah Tahun Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Selasa (16/7).

Ia mengatakan nilai investasi di Indonesia dibandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2018 mencapai 32,3%. Sedangkan, Malaysia dan Vietnam yang perekonomiannya juga dianggap tumbuh baik, hanya berada pada kisaran 20%. 

"Yang disampaikan oleh Presiden itu seperti orang yang sedang kampanye, padahal dia sudah jadi Presiden," katanya.