Fitch kembali tetapkan peringkat investment grade Indonesia

Meski kurs rupiah memburuk, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings mengukuhkan investment grade Indonesia pada level BBB/stabil.

Fitch kembali menyematkan investmen grade Indonesia pada Minggu (2/9). Sebelumnya, Fitch telah menaikkan peringkat Indonesia ke level BBB dengan outlook stabil alias investment grade pada 20 Desember 2017. / Fitch

Meski kurs rupiah memburuk, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings mengukuhkan investment grade Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil.

Fitch memberikan afirmasi atas peringkat utang pemerintah (Sovereign Credit Rating) Rebuplik Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil. Faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut yakni berasal dari beban utang pemerintah yang relatif rendah. 

Selain itu, pengukuhan ratings didasarkan pula pada prospek pertumbuhan ekonomi yang baik di tengah tantangan sektor eksternal. Di antaranya berasal dari tingginya ketergantungan terhadap pembiayaan eksternal, serta indikator struktural lainnya yang masih di bawah negara berkembang lainnya. 

Fitch kembali menyematkan investmen grade Indonesia pada Minggu (2/9). Sebelumnya, Fitch telah menaikkan peringkat Indonesia ke level BBB dengan outlook stabil alias investment grade pada 20 Desember 2017.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Agusman menyebut langkah yang ditempuh bank sentral dalam menaikkan suku bunga dan intervensi di pasar valuta asing sebagai respons dari tekanan yang dialami oleh negara-negara emerging market, dinilai mencerminkan komitmen yang kuat untuk menjaga stabilitas.