Generasi Z bikin brand fesyen lokal makin berkibar

Produk fesyen lokal makin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Brand tanah air semakin banyak dan menjamur.

Ilustrasi industri fesyen tanah air. Foto Freepik.

Produk fesyen lokal makin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Brand tanah air makin menjamur dan mencatat kenaikan penjualan.

Salah satunya, modest fashion Benang Jarum. Jenama ini didirikan pada 2020 oleh Linda Anggreaningsih dan Allyssa Hawadi, yang sebelumnya berhasil mengembangkan Buttonscarves. Berbeda dengan Buttonscarves yang fokus menghadirkan produk fesyen muslim, Benang Jarum bergerak di modest fashion yang praktis dan kasual, tetapi tetap elegan dan up-to-date.

Co-Founder Benang Jarum Kanya Trihapsari mengaku memiliki 24 gerai offline dan memberdayakan penjahit lokal serta karyawan yang didominasi perempuan. Selain itu, brand ini juga memanfaatkan platform teknologi Tokopedia sejak awal 2023 guna menjangkau pasar yang lebih luas. 

“Sejak bergabung dengan Tokopedia, penjualan Benang Jarum naik 60%,” tutur Kanya.

Dia juga mengaku ikut pergelaran Tokopedia Fashion Market. Event ini berlangsung secara offline hingga 11 Februari 2024 di Kota Kasablanka dan secara online pada 19-29 Februari 2024 di situs maupun aplikasi Tokopedia. Pada Tokopedia Fashion Market, ujar Kanya, Benang Jarum menghadirkan special deals, seperti harga flat mulai dari Rp150.000 dan diskon hingga 70%.