Giatkan edukasi pasar modal, BEI rangkul influencer media sosial

Banyak influencer disebut lakukan pom-pom saham. BEI akan merangkulnya lewat program influencer incubator.

Influencer yang juga artis Raffi Ahmad. Foto Instagram @raffinagita1717.

Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal merangkul influencer media sosial untuk menggiatkan edukasi pasar modal ke masyarakat. Kegiatan ini akan dilakukan melalui program influencer incubator.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pihaknya tidak menutup mata kalau peran selebgram, YouTuber, dan influencer media sosial  yang beberapa waktu terakhir justru jauh memberikan pengaruh ke masyarakat umum.

"Untuk itu, secara khusus sejak 2019 kami melakukan influencer incubator ini. Kami menggandeng influencer mikro yang followers-nya di antara 10.000 hingga di bawah 1 juta," kata Hasan dalam edukasi wartawan pasar modal secara virtual, Selasa (23/2). 

Lebih lanjut, menanggapi fenomena influencer yang mempromosikan saham tertentu atau melakukan pom-pom saham, Hasan mengatakan pihaknya tidak akan menyurutkan upaya untuk terus melakukan edukasi pasar modal.

Bersama dengan influencer yang dianggap memiliki kesamaan visi dan iktikad yang baik, BEI yakin para influencer minimal dapat menyadarkan para pengikutnya untuk memulai investasi. Pasalnya, BEI memandang investasi ini penting dilakukan dengan cara-cara yang baik.