Girder ramp barat Jakarta International Stadium mulai terpasang

Progres pembangunan JIS pada pekan ke-73 diklaim mencapai 45,258% dari target 44,423%.

Penampakan girder di sisi tangga landai barat Jakarta International Stadium, DKI Jakarta. Dokumentasi Jakpro

Kontraktor proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) tengah memasang 14 dari 17 gelagar (girder) yang ditargetkan sejak Selasa (26/1) dini hari. Pekerjaan untuk tangga landai (ramp) barat tersebut dilakukan malam hari karena posisinya melintang di atas jalan.

"Kita lakukan pengerjaan pada malam hari supaya tidak terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Sunter Permai Raya," ujar Corporate Communications Manager PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, Melisa Sjach, dalam keterangan tertulis. Pun dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Sunter Permai Raya.

Setiap gelagar memiliki bobot 120 kg dan panjang 53,8 m. Karenanya, pemasangan dan pengangkatannya menggunakan crawler crane. Tangga landai sisi barat bakal menghubungkan stadion dengan Taman Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW).

Mengingat posisi tangga landai barat dengan area stadion terdapat jalan raya, maka dipakai sistem gelagar. Alasan berikutnya, bentangannya cukup jauh dan agar tidak menghambat arus lalu lintas nantinya. Karenanya, gelagar kotak (box girder) memiliki panjang 50 m dan konstruksinya bak jembatan.

Melisa melanjutkan, JIS didesain memiliki tangga landai sebagai pintu masuk utama bagi suporter dan tempat terbuka (concourse) di lantai 3 yang menjadi sirkulasi bagi penonton. Ia didesain dengan lebar 30 m dengan panjang masing-masing sekitar 200 m untuk sisi barat dan timur 160 m.