Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka diklaim milik Singapura

Empat unicorn Indonesia, yakni Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, diklaim milik Singapura.

Empat unicorn Indonesia, yakni Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, diklaim milik Singapura. / Facebook Gojek Indonesia

Empat unicorn Indonesia, yakni Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, diklaim milik Singapura.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengaku heran dengan hasil riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek Holdings, perusahaan BUMN Singapura. Riset yang dipublikasikan baru-baru ini tersebut menyebutkan empat unicorn asal Indonesia justru milik Singapura.

Keempat unicorn dengan valuasi masing-masing lebih dari US$1 miliar setara Rp14 triliun itu diklaim digenggam oleh investor asal Negeri Singa. Padahal, keempat unicorn RI ini selalu menjadi kebanggaan Presiden Joko Widodo yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

"Riset Google dan Temasek yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi Asean, malah empat unicorn kita diklaim sebagai unicorn mereka (Singapura)," kata Thomas di Gedung BKPM Jakarta, Selasa (30/7).

Holding BUMN Singapura itu menyebut Indonesia justru tak memiliki perusahaan rintisan sekelas unicorn sama sekali. Hal itu dilihat dari kepemilikan saham yang dibenamkan oleh investor di dalam unicorn tersebut.