Google luncurkan Gapura Digital bantu UMKM Indonesia

Google akan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar dapat memaksimalkan strategi pemasaran.

Produk UMKM yang dijual di sebuah pameran. Antara Foto

Public Policy and Goverment Relation Manager Google Indonesia, Ryan Rahardjo, menyebut nilai transaksi e-commerce Indonesia mencapai Rp77,7 triliun pada 2018. Angka ini meningkat 151% dari tahun sebelumnya Rp30,94 triliun.

Karena itu, Ryan menilai, produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dituntut dapat menjual dagangannya secara digital. Hal ini sebagai upaya UMKM dapat memasarkan produknya secara luas.

Sebagai raksasa mesin pencari, Google saat ini memiliki sejumlah fitur dan program baik online maupun offline untuk membantu pelaku UMKM memasarkan produknya.

Google meluncurkan program Gapura Digital yang akan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar dapat memaksimalkan strategi pemasarannya di internet. 

“Caranya mudah, tinggal masuk ke google dan ketik gapura digital. Gapura digital memilki arti gerakan pelaku usaha rakyat berbasis digital. Siapa saja bisa ikut,” kata Ryan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (14/7).