Grup GoTo perluas komitmen tiga nol, itu apa ya?

Pengumuman ini dilakukan bersamaan dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan yang berjudul  “Mendorong Kemajuan”.

Ilustrasi. Foto hasil tangkapan layar Youtube Tokopedia.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk., hari ini (3/6) mengumumkan bahwa perusahaan penyedia ekosistem digital ini, telah memperluas komitmen ‘tiga nol’ (Nol Emisi, Nol Sampah, Nol Hambatan) di seluruh ekosistemnya, membentuk pendekatan dan strategi yang tekonsolidasi bagi perusahaan untuk mencapai tujuan keberlanjutannya secara bersama-sama. 

Pengumuman ini dilakukan bersamaan dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan yang berjudul  “Mendorong Kemajuan” sekaligus menjadi pertama Grup GoTo sejak resmi bersatunya Gojek dan Tokopedia pada 2021 serta pencatatan perdana perusahaan di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April 2022. 

Laporan ini, mencakup data dari Januari hingga Desember 2021 dan mengidentifikasi masalah paling material bagi perusahaan. Di antaranya aksi iklim, keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI), penggunaan dan pembuangan kemasan, struktur tata kelola dan etika bisnis, serta target lainnya. Melalui laporan ini, GoTo meyakini akan menjadi yang terdepan dalam pelaporan keberlanjutan di kawasan Asia Tenggara. 

Sustainability selalu menjadi hal utama dari model bisnis kami, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam cara kami beroperasi dan bertumbuh sebagai perusahaan,” jelas CEO Grup GoTo  Andre Soelistyo dalam keterangan tertulis, Jumat (3/6). 

Sejak dibentuknya Grup Goto, Andre mengakui bahwa skala dan tanggung jawab perusahaan berkembang secara signifikan. Ia juga meyakini jika Grup GoTo berada pada posisi yang unik untuk membuat dampak positif yang lebih besar bersama-sama.