Grup Modalku dapat suntikan dana US$294 juta

Pendanaan dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2.

Foto dokumentasi Modalku.

Grup Modalku atau yang dikenal sebagai funding societies, platform pendanaan digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara mendapatkan pendanaan senilai US$144 juta. Ini merupakan pendanaan Seri C+, di mana pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2.

Dengan investor baru, antara lain VNG Corporation yang merupakan perusahaan teknologi raksasa dari Vietnam, Rapyd Ventures, investor global berbasis di Asia, EDBI, Indies Capital, K3 Ventures, dan Ascend Vietnam Ventures.

Selain itu perusahaan juga mendapat pendanaan sebesar US$150 juta dari pendana institusi di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia. Sebagian besar dana ini telah dicairkan sejak 2021. Pendanaan ini menyusul ronde seri C senilai US$45 juta yang diperoleh antara tahun 2020 dan 2021.

Pendanaan ini akan digunakan perusahaan untuk mengelola pengeluaran serta meningkatkan layanan B2B payments bagi UMKM di Asia Tenggara. Besarannya, US$16 juta atau sekitar Rp229 miliar.

Lalu pendanaan terbaru akan digunakan untuk berkontribusi ke opsi rencana saham perusahaan dalam bentuk pembelian kembali saham bagi karyawan terdahulu maupun saat ini.