Gubernur BI pamer kemajuan ekonomi Indonesia ke Bos IMF

Indonesia merupakan negara terbesar di Asean dan telah memberikan kontribusi yang besar kepada pertumbuhan ekonomi Asia.

Indonesia merupakan negara terbesar di Asean dan telah memberikan kontribusi yang besar kepada pertumbuhan ekonomi Asia / AntaraFoto

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo memamerkan keberhasilan perekonomian Indonesia kepada Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. Hal itu dilakukan pada saat memberikan sambutan di acara High Level Conference di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (27/2).

Agus mengatakan Indonesia merupakan negara terbesar di Asean dan telah memberikan kontribusi yang besar kepada pertumbuhan ekonomi Asia. Ekonomi Indonesia juga terus meningkat, dimana makro ekonomi dan stabilitas keuangan memperlihatkan kondisi yang sehat.

"Perkembangan positif ini didukung kebijakan atas moneter, fiskal, dan struktural reformasi keuangan," terang Agus.

Perkembangan kondisi ini didorong dengan munculnya 16 paket kebijakan yang dirilis era Presiden Joko Widodo. Paket kebijakan tersebut untuk menciptakan iklim investasi, daya saing industri, ekspor, dan sumber pertumbuhan baru.

Seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Indonesia pun mengubah kebijakan subsidi energi agar pemerintah dapat menimalisir anggaran. Atas dasar tersebut, Agus menegaskan ekonomi Indonesia sudah menuju ke arah yang lebih baik yakni dengan meningkatnya investasi, pertumbuhan ekspor, dan pembelanjaan pemerintah yang semakin membaik.