Gubernur BI tegaskan ekonomi Indonesia tidak sedang krisis

Tekanan yang sekarang terjadi masih bisa dibilang kecil, bila dibandingkan yang pernah terjadi di Indonesia pada beberapa tahun silam. 

Perry Warjiyo resmi menjabat Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Agus Martowardojo yang telah selesai masa tugasnya/AntaraFoto

Ekonomi Indonesia tidak sedang dalam kondisi 'lampu kuning'. Tekanan yang sekarang terjadi masih bisa dibilang kecil, bila dibandingkan yang pernah terjadi di Indonesia pada beberapa tahun silam. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan ekonomi negara dikatakan krisis apabila defisit transaksi berjalan tidak terkendali dan utang luar negeri (ULN) tidak terbayarkan atau ada gangguan dalam membayar ULN. 

"Indonesia secara perhitungan masih aman untuk transaksi berjalannya, tidak lebih dari 3%. Current account deficit kita tidak lebih dari 2,5% dan tidak lebih dari PDB (produk domestik bruto)," jelas Perry, Jumat (25/5). 

Melihat indikator tersebut, terlihat kalau perekonomian Indonesia tidak sedang dalam krisis 'lampu kuning'. 

"ULN there is no problem. PDB juga masih rendah dibandingkan dengan peer group, sekitar 34%. Depresiasinya saja year to date hanya 4,3%, lebih rendah dari negara lain," terang Perry.