Harapan baru pada menteri ekonomi Kabinet Indonesia Maju

Sejumlah pelaku usaha dan ekonom berharap menteri ekonomi bisa menelurkan kebijakan yang mendukung iklim bisnis.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan jajaran menteri yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Ada wajah baru dan lama dalam kabinet tersebut. Harapan datang dari para pelaku usaha terhadap para pembantu Jokowi di bidang ekonomi.

Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Akumindo) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap para menteri bidang ekonomi di Kabinet Indonesia Maju bisa mendukung langkah Presiden Joko Widodo untuk menyederhanakan regulasi.

Adapun dua undang-undang yang dimaksud yakni soal penciptaan lapangan pekerjaan dan pembangunan UMKM.

"Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 yang sudah ada sebelumnya hanya mengutarakan kriteria, pemasaran, dan keuangan. Saat ini yang dibutuhkan adalah pemberdayaan UMKM," kata Ketua Umum Akumindo Ikhsan Ingratubun.

Ikhsan menilai, Jokowi telah melihat ada hambatan di pemberdayaan UMKM. Ikhsan mencontohkan, selama ini pengusaha UMKM mengalami hambatan ketika mengurus sertifikasi halal dan sertifikasi Badan POM. Menurut Ikhsan, banyak pengusaha UMKM yang mengeluhkan mahalnya mengurus sertifikasi dari kedua lembaga tersebut.